Kamis, 31 Januari 2013

SOSIAL MEDIA

1.sejarah

Internet, telah menjadi penghubung bagi umat manusia di seluruh dunia. Bukan sekedar menjadi saluran untuk bertukar data, tetapi kini berubah menjadi saluran komunikasi multi arah yang interaktif. Eranya internet yang dulu berlabel serba online, kini mulai berubah menjadi serba sosial.

Sejak media sosial menjadi fenomena di internet, berbagai istilah kini memiliki imbuhan "sosial". Jika dulu kita mengenal online games, kini ada istilah social games, dulu ada online marketing, kini ada social marketing, yang seharusnya disebut social media marketing, karena social marketingsudah eksis sejak lama dan tak berkaitan langsung dengan internet.
Faktanya, sejak dulu internet fitrahnya memang sudah "sosial". Infografik dari CopyBlogger ini bercerita tentang sejarah media sosial, bagaimana internet telah menghubungkan antar manusia, yang pada dasarnya memang terobsesi untuk bisa berkomunikasi satu sama lain, bahkan dengan makhluk lain dari planet lain di alam semesta.
"Jauh sebelum Facebook dihuni milyaran pengguna, internet telah memungkinkan umat manusia saling terhubung dari berbagai wilayah yang tak pernah terbayangkan sebelumnya. Hasrat untuk terhubung satu sama lain, memang ada dalam setiap umat manusia, dan internet telah memungkinkan hal itu terjadi sejak hampir 40 tahun lalu," demikian pengantar dalam infografik ini.
Pada satu titik tertentu, kita akan berhenti menyebut "media sosial", tetapi mengembalikan pada fokus aslinya, jejaring media global yang mengbuhungkan seluruh umat manusa
2.pengertian:
Social Media adalah Media online yang mendukung interaksi sosial. Social media menggunakan teknologi berbasis web yang mengubah komunikasi menjadi dialog interaktif. Andreas Kaplan dan Michael Haenlein mendefinisikan social media sebagai kelompok aplikasi berbasis Internet yang dibangun di atas fondasi ideologis dan teknologis Web 2.0.

3.Perkembangan
Berikut adalah Perkembangan Sosial media dimulai dari munculnya Buletin Board Systems (BBS) di tahun 90-an hingga tahun 2012 dengan kemunculan Pinterest, seperti dikutip oleh MarketingDirecto.com




























































































4.Contoh:contoh dari Social media adalah :
Communication (Berkomunikasi)
Sosial media jenis ini umumnya bertujuan untuk menyalurkan hobby menulis, mencari dan menambah teman-teman virtual, kemudian bercakap-cakap via chat media yang tersedia. Contoh :
  • Blog : Blogspot (Blogger), WordPress, Multiply, LiveJournal, Blogsome, Dagdigdug, dll.
  • Microblog : Twitter, Tumblr, Posterous, Koprol, Plurk, dll
  • Social Networking : Friendster, Facebook, LinkedIn, Foursquare, MySpace, dll
  • Forum : Kaskus, Warez-bb, indowebster.web.id, forumdetik
  • Q/A (Question/Answer) : Yahoo! Answer, TanyaLinux, formspring.me
Collaboration (Berkolaborasi)
Bentuk social media jenis ini bertujuan untuk saling mengisi kekurangan dan saling berkolaborasi ide, gagasan dan pendapat melalui situs-situs berbasis web 2.0 yang editable. Contoh :
  • Wiki : Wikipedia, Wiki Ubuntu-ID, wakakapedia, dll
  • Social Bookmark : Del.icio.us, StumbleUpon, Digg, Reddit, Technorati, Lintas Berita, Infogue
  • Writing : cerpenista, kemudian.com
  • Reviews : Amazon, GoodReads, Yelp
Multimedia
Berisi tentang hasil karya cipta user/pengguna, baik berupa gambar, foto, maupun desain yang bisa dishare ke pengguna lainnya. Contoh social media dalam kategori Multimedia diantaranya :
  • Image and Photo Sharing : Flickr, Photobucket, DeviantArt, dll
  • Video Sharing : YouTUBE, Vimeo, Mediafire, dll
  • Audio and Music Sharing : Imeem, Last.fm, sharemusic, multiply
  • Design : Threadless, GantiBaju, KDRI (Kementerian Desain Republik Indonesia)
Miscelaneous
  • Map : wikimapia, GoogleEarth
  • e-Commerce : ebay, alibaba, juale.com, dll
  • Games : Travian, Three Kingdoms, Second Life, e-Republik, World of Warcraft, dll
  • File Sharing and Hosting : 4shared, rapidshare, indowebster.com



Tidak ada komentar:

Posting Komentar